Selasa, Maret 27, 2007

Kemana uangku


Pertanyaan yang sering terlontar untuk karyawan seperti saya adalah : bagaimana caranya agar saya bisa merencanakan keuangan ke depan. Dan biasa menambah penghasilan saya tanpa berhenti bekerja, serta punya investasi yang bagus mumpung masih muda ?...........jika pengeluaranya :

1. Cicilan rumah : 600.000.00
2. Bayar listrik : 80.000.00
3. Transport : 200.000.00
4. Biaya kerja : 700.000.00
5. Arisan : 50.000.00
6. Kebutuhan harian : 900.000.00
7. Biaya handphone : 200.000.00
8. Internet : 200.000.00
9. Lainnya : 300.000.00

Sedangkan uang masuk di tambah gaji tidak jauh diatas 3 juaan, apa yang harus dilakukan…?>+

Memang Kita akan sulit mengelolanya, namun sebagai manusia yang berpikir tentu hal ini tidak harus kita biarkan terus berlanjut.

Islam mengajarkan prinsip dasarnya adalah halal dan berkah dan tugas kita adalah menata keuangan dengan benar dan bermanfaat, serta menerapkan kedalan kehidupan dan rumah tangga kita.

Kalau kita sadar Harta kita Cuma titipan dan harus kita kelola secara benar karma nantinya juga akan kita tinggalkan jika kita sudah pulang ke kuala Lumpur ( mati ), tanggung jawab yang besar ada di pundak kita sebagai kepala keluarga, sebab, kekeliruan dalam mengelola harta yang telah diamanahkan, bisa membuat manusia terjemurus dalam perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat, seperti pemborosan dan perbuatan dosa lainnya.

Dan sebaliknya, kemampuan mengelola keuangan dengan baik akan mengantarkan manusia, untuk mencapai kehidupan yang menyenangkan sekaligus menenangkan. Di sisi lain, hal tersebut juga akan mempermudah manusia dalam mempertanggungjawabkannya di hadapan Allah SWT kelak.

Yang sering menjadi pertanyaan kita bagai mana mengelola keuang denga benar >//?,....

Untuk mengatur keuangan keluarga diperlukan beberapa catatan mengenai kondisi keuangan, di antaranya bagaimana kondisi keuangan yag dimiliki, apa kebutuhan dan prioritas yang diperlukan saat ini dan masa depan, pendapatan, pengeluaran,simpanan, asuransi,pengelolaan utang, investasi dan penyucian harta dengan ( zakat, wakaf, infaq dan sodaqoh ) harus tertata.

3 Comments:

At 3:04 PM, Blogger Theresia Maria said...

Wah ya, pokoknya di rumah tangga kami endak besar pasak daripada tiang, pengeluaran kalo bisa diirit jadi masih ada yang ditabung buat mudik.

 
At 11:49 AM, Anonymous Anonim said...

Perlu konsultan Perencana Keuangan?........(Ewi-Pekanbaru)

 
At 3:40 PM, Anonymous Anonim said...

itu yang susah..ngatur duit biar cukup untuk sebulan... maklum kebutuhan makin meningkat..pokoknya harus cari usaha tambahan..kayaknya.. eh salam kenal ya..aku juga dari pekanbaru...

 

Posting Komentar

<< Home

 sekedar ungkapan hati


Blogger Indonesia

.:[Close][Klik 2x]:.
" Terimakasih atas kunjungan anda ".... Jangan Lupa tinggalkan pesan di ShoutMix



Powered by IP2Location.com

TERIMAKASIH

SEKEDAR UNGKAPAN HATI