Minggu, Agustus 12, 2012

Hujan es dinegeri sendiri...hujan emas dinegeri orang....


Fenomena alam sekarang semakin aneh dan pelik saja, hal - hal yang jarang kita lihat hari ini ku saksikan di belakang kantor tempat kerjaku... apaan tu hujan es.... kan jarang terjadi ... hujan es terbentuk jika awan yang jatuh berbentuk butiran sudah memenuhi karekteria..

Dalam ilmu meteorologi hujan es disebut juga hail, yaitu presipitasi yang terdiri dari bola-bola es. Salah satu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap air yang dingin di atmosfer pada lapisan di atas freezing level. Es yang terjadi dengan proses ini biasanya berukuran besar. Karena ukurannya, walaupun telah turun ke aras yang lebih rendah dengan suhu yang relatif hangat tidak semuanya mencair. Hujan es tidak hanya terjadi di negara sub-tropis, tapi bisa juga terjadi di daerah ekuator. Proses lain yang dapat menyebabkan hujan adalah riming, dimana uap air lewat dingin tertarik ke permukaan benih-benih es. Karena terjadi pengembunan yang mendadak maka terjadilah es dengan ukuran yang besar.

Hujan terjadi karena adanya peningkatan suhu udara, kelembaban udara yang, dan ketidakstabilan udara yang sangat tinggi. Ketiga faktor tersebut yang membuat pembentukan awan cumulonimbus (awan yang berbentuk seperti bunga kol berlapis-lapis, dapat menyebabkan hujan yang sangat deras, bahkan disertai badai dan topan). Hujan es dapat terjadi karena di dalam awan tersebut yang terdapat butiran es sangat dingin sampai naik keketinggian lebih dari 8 km atau sekitar lebih dari 30.000 kaki. Butiran es akan turun bersama hujan dan tidak sampai mencair karena suhu udara di sekitarnya lebih dingin dari di dalam awan.

 sekedar ungkapan hati


Blogger Indonesia

.:[Close][Klik 2x]:.
" Terimakasih atas kunjungan anda ".... Jangan Lupa tinggalkan pesan di ShoutMix



Powered by IP2Location.com

TERIMAKASIH

SEKEDAR UNGKAPAN HATI