Minggu, Agustus 21, 2011

Sungkem ' maaf lahir bathin'

Selamat lebaran maaf lehir batin tuk semua (2013-1434)

Idul Fitri atau Lebaran tak kan lengkap tanpa yang satu ini, yaitu ‘sungkem’. Yaitu meminta maaf kepada orang yang lebih tua sambil mengucapkan kata-kata tertentu sebagai bentuk pengakuan maaf. Pada orang Jawa, sungkem ini biasanya menggunakan tutur kata yang sopan dan runtut, dengan bahasa jawa krama inggil. Dan inilah kata-kata yang sering saya gunakan ketika sungkem dengan keluarga saya yang lebih tua (ayah, ibu, nenek, kakek, pakdhe, budhe, paklik, bulik, tetangga, dll):
Kepareng matur dhumateng …….. [bapak/ibu/simbah/dll], sowan kula wonten ing mriki, sepindah silaturrahim, kaping kalih ngaturaken sugeng riyadi, ngaturaken sedaya lepat nyuwun pangapunten, kaping tiga nyuwun donga pangestunipun supados kula saged dados putra ingkang sholeh, migunani dhateng agami, nusa, bangsa, lan nagari, lancar anggenipun pados ilmu, gampil anggenipun pados rejeki ingkang halal lan thayyib, saha sukses nglampahi gesang ing donya lan akhirat.
Dalam bahasa Indonesia, artinya:
Perkenankan saya bertutur kepada …….. [ayah/ibu/nenek/dll], maksud kunjungan saya ke sini, yang pertama silaturahim, yang kedua mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf atas segala salah dan khilaf, yang ketiga mohon doa restunya agar saya jadi anak yang shaleh, berguna untuk agama, nusa, bangsa, dan negara, lancar dalam menuntut ilmu, mudah dalam mencari rezeki yang halal dan thayyib, serta sukses dalam menjalani kehidupan di dunia dan akhirat.
Setelah kita matur, biasanya beliau (ayah/ibu/nenek/kakek,dll) akan menjawabnya dengan kata-kata maaf, do’a restu, dan wejangan atau nasihat. Jawaban yang biasanya saya terima, contohnya semacam ini:
Yo, Le… Sowanmu mrene tak tampa, semana uga aku wong tuwa akeh lupute, muga-muga isa kalebur ing dina riyaya iki, tak dongakke muga-muga apa sing tak citak-citakke dikabulke marang Gusti Allah…
Dalam bahasa Indonesia, artinya:
Ya, Nak… Kunjunganmu ke sini saya terima, sebagaimana juga saya sebagai orang tua banyak salahnya, semoga bisa melebur di hari raya Idul Fitri ini, saya doakan semoga apa yang kamu cita-citakan dikabulkan oleh Allah SWT…
Sekarang sudah tau ilmunya kan? Ayo kita praktikkan! Selamat ber-sungkem… ^_^
Diambil dari blog : http://zenma.wordpress.com/
Mari Saling bermaafan....

 sekedar ungkapan hati


Blogger Indonesia

.:[Close][Klik 2x]:.
" Terimakasih atas kunjungan anda ".... Jangan Lupa tinggalkan pesan di ShoutMix



Powered by IP2Location.com

TERIMAKASIH

SEKEDAR UNGKAPAN HATI